Wednesday, July 13, 2011

Kompetisi karya tulis dan lomba foto tentang kepramukaan


Dalam rangka memperingati Hari Pramuka 14 Agustus 2011 yang sekaligus merupakan HUT ke-50 Gerakan Pramuka, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan lomba karya tulis dan lomba foto tentang kepramukaan bagi wartawan dan umum.

Lomba karya tulis dan lomba foto tentang kepramukaan bagi wartawan dan umum Tahun 2011 ini pelaksanaannya dikaitkan dengan penyelenggaraan peringatan Tahun Emas “50 Tahun Gerakan Pramuka” pada bulan Agustus 2011 dengan tema “Satu Pramuka Untuk Satu Indonesia, Jayalah Indonesia”.

Karya tulis yang telah dimuat pada surat kabar/media cetak dan media online dan karya foto dalam kurun waktu 22 Februari s.d 10 Juli 2011 dihimpun dan dikirim kepada panitia pelaksana, Biro Abdimas dan Humas Kwarnas Gerakan Pramuka, Jl. Medan Merdeka Timur 6, Jakarta Pusat 10110 paling lambat tanggal 15 Juli 2011. Sedangkan ketentuan umum dan ketentuan khusus lomba karya tulis dan lomba foto tentang kepramukaan bagi wartawan dan umum, terlampir. Informasi Selengkapnya Di : http://infolombaku.blogspot.com/

Kami yakin dan percaya, bahwa Saudara pun peduli terhadap pembinaan kaum muda Indonesia. Oleh karena itu, sangat kami harapkan bantuan untuk menginformasikan dan mempublikasikan pelaksanaan lomba serta menyediakan kolom baik di media cetak dan media online kepada wartawan dan penulis untuk menuangkan karya tulisnya. Informasi Selengkapnya Di : http://infolombaku.blogspot.com/

Pemenangnya akan diumumkan pada acara Upacara Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2011 di Jakarta yang direncanakan dihadiri oleh Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka (Kamabinas). Informasi Selengkapnya Di : http://infolombaku.blogspot.com/

Dalam rangka memperingati 50 Tahun Gerakan Pramuka, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan Lomba Karya Tulis dan Lomba Foto tentang Kepramukaan. Ada pun ketentuan umum dan khusus adalah sebagai berikut :

A. Ketentuan Umum :

1. Tema “Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Indonesia”. Semua karya yang diikutkan harus sesuai dengan tema, tetapi judulnya tidak perlu sama dengan tema.
2. Peserta adalah Warga Negara Indonesia, baik yang berada di dalam maupun luar negeri.
3. Tidak ada batasan usia.
4. Peserta harus melampirkan surat keterangan yang berisikan pernyataan bahwa karya tersebut memang merupakan karya asli (original) peserta, disertai nama lengkap, alamat lengkap dengan kode pos, pekerjaaan/pendidikan, alamat email kalau ada, dan nomor telepon yang mudah dihubungi.
5. Karya dikirimkan dalam amplop tertutup (khusus untuk yang diikutkan dalam lomba foto, karya yang dikirimkan tidak boleh dilipat) ke alamat : Panitia Lomba Karya Tulis dan Lomba Foto Kepramukaan, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Jalan Medan Merdeka Timur No.6 Jakarta 10110.
6. Semua karya diterima oleh panitia paling lambat tanggal 15 Juli 2011.
7. Semua karya yang masuk dan memenuhi ketentuan umum serta ketentuan khusus, akan dinilai oleh dewan juri yang berkompeten. Keputusan dewan juri adalah final dan tidak diadakan surat-menyurat untuk membahas keputusan tersebut.
8. Semua karya yang masuk menjadi milik Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, namun hak cipta tetap pada pembuat karya. Informasi Selengkapnya Di : http://infolombaku.blogspot.com/

Hadiah Lomba Karya Tulis :

1. Juara I dengan hadiah Rp 7.500.000,-,
2. Juara II dengan hadiah Rp 5.000.000,-,
3. Juara III dengan hadiah Rp 3.000.000,-.

Informasi Selengkapnya Di : http://infolombaku.blogspot.com/
Hadiah Lomba Foto :

1. Juara I dengan hadiah Rp 5.000.000,-
2. Juara II dengan hadiah Rp 3.000.000,-
3. Juara III dengan hadiah Rp 2.000.000,-.


* Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berhak untuk menggunakan karya-karya para pemenang untuk keperluan apa pun.
* Peserta yang ikut berarti menyetujui dan bersedia mematuhi ketentuan umum dan ketentuan khusus yang ditetapkan. Informasi Selengkapnya Di : http://infolombaku.blogspot.com/


B. Ketentuan Khusus :

I. Lomba Karya Tulis Kepramukaan:

1. Karya tulis berbentuk tulisan ringan (feature) atau artikel berisikan hal-hal sesuai tema yang ditetapkan.
2. Karya tulis sudah harus dimuat di media massa cetak atau online dalam kurun waktu 22 Februari 2011 sampai 10 Juli 2011.
3. Karya tulis dikirimkan dalam bentuk kliping hasil pemuatan di media massa cetak dan online (kalau dimuat di media massa online, peserta harus menyertakan pula link website media online di mana tulisan itu dimuat), serta dilengkapi satu soft copy-nya (dikirim dalam bentuk CD). Informasi Selengkapnya Di : http://infolombaku.blogspot.com/


II. Lomba Foto Kepramukan :

1. Foto yang dilombakan adalah foto cetak warna berukuran 10R (20 x 27 cm) dan dibuat dalam kurun waktu 2010-2011.
2. Olah digital hanya diperbolehkan sebatas cropping, adjustment brightness/contrast, dan rotate canvas.
3. Foto dicetak di atas kertas foto warna doff dan belum pernah diikutkan dalam lomba foto lainnya.
4. Foto yang berhasil dimuat di media massa cetak antara 22 Februari 2011 sampai 10 Juli 2011 akan mendapatkan nilai tambah tersendiri dari dewan juri. Peserta harus membuktikan dengan mengirimkan klippin karyanya yang dimuat di media massa cetak.
5. Selain dalam bentuk cetak warna, foto juga harus dikirimkan dalam bentuk soft copy (dalam CD), dengan ukuran salah satu sisi minimal 1000 pixels dan resolusi minimal 200 pixels/inch.

Jakarta, Maret 2011

Telp. (021) 3507645
Fax. (021) 3507647

E-mail :
kwarnas@pramuka.or.id Informasi Selengkapnya Di : http://infolombaku.blogspot.com/
kwarnas@centrin.net.id Informasi Selengkapnya Di : http://infolombaku.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Up